Boleh Dugem sampai Pagi

15.23 Posted In Edit This 0 Comments »


SURABAYA - Para penikmat hiburan malam bisa menikmati malam tahun baru sepuasnya. Sebab, pemkot memberikan toleransi kepada tempat-tempat dugem untuk buka hingga pukul 04.00. Di hari-hari biasa, jam operasi dibatasi hanya sampai pukul 02.00.

Kemudahan itu diputuskan setelah tim pengawas rekreasi hiburan umum (RHU) Surabaya melakukan rapat internal persiapan menghadapi perayaan malam tahun baru. Dalam rapat tersebut, diputuskan adanya perlakuan khusus terhadap RHU pada malam tahun baru. "Perda memang memberikan peluang untuk itu," kata Kepala Bakesbanglinmas Sumarno kemarin (24/12).

Sumarno mengatakan, perlakuan khusus tersebut diberikan untuk memberikan kesempatan kepada warga metropolis yang ingin menghabiskan malam tahun baru hingga pagi. Dengan pemberlakuan itu, pengelola RHU tidak perlu sembunyi-sembunyi jika ingin membuka pelayanan sampai pagi. "Kalau dibatasi jam 02.00, misalnya, pasti banyak yang melanggar karena banyak yang ingin bersenang-senang sampai pagi," ucapnya.

Meski memberikan kesempatan lebih, bukan berarti pengelola rumah hiburan bisa sebebasnya menyelenggarakan acara. Pria yang gemar mengoleksi stik pancing itu menegaskan, batasan-batasan seperti yang tercantum dalam perda tetap berlaku.

Dia mencontohkan larangan menyuguhkan tari-tarian yang mengundang hasrat nafsu birahi. Karena itu, untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal seperti itu, bakesbanglinmas all-out mengawasi semua RHU di Surabaya. Salah satunya, mereka mengerahkan pengawas tersembunyi di tempat-tempat hiburan. "Kalau ada pelanggaran, kan tinggal melaporkan ke kami," ucapnya.

Tidak hanya itu, pemkot juga memberikan kemudahan kepada pengelola RHU untuk mengajukan izin mendatangkan artis. Mantan staf di bakesbanglinmas itu menjelaskan, selama ini pengurusan izin untuk mendatangkan artis memakan waktu hingga berhari-hari. Menjelang tahun baru ini, pengurusan dipermudah. "Kalau memang berkasnya lengkap, sehari bisa langsung diteken," tuturnya. Hanya, dia meminta pengelola RHU mau bekerja sama untuk menjaga ketertiban Surabaya. Caranya, tidak menyelenggarakan kegiatan yang melanggar aturan dan membahayakan keselamatan masyarakat.

Sementara itu, Asosiasi Rekreasi dan Hiburan Umum Surabaya (Arhumba) menyambut baik kesempatan yang diberikan pemkot tersebut. Ketua Arhumba Yusuf Husni mengatakan, asosiasi yang dipimpinnya akan membantu pemkot dalam menjaga keamanan Surabaya saat perayaan malam tahun baru. "Kami menyambut baik sikap pemkot itu," ucapnya.

0 komentar:

Posting Komentar